Friday, 21 March 2014

APLIKASI PENGOLAH NILAI SISWA UNTUK SD/MI KURIKULUM 2013
      
 Gencarnya kurikulum 2013 pada sekolah yang akan diterapkan pada pendidikan di Indonesia tidak di barengi dengan dokumentasi atau peralatan yang mendukung guru untuk membuat penilaian pada siswa. Karena Penilaian pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sedikit berbeda dengan penilaian dengan kurikulum sebelumnya.


    Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan tersebut menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A – D sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala

    Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K). Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada kompetensi pengetahuan adalah 2.67 (B-)

    Pendekatan penilaian Kurikulum 2013 menggunakan tema, bukan pendekatan Kompaetensi Dasar. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan tematik. Melalui blognya, Totok Yulianto http://totoyulianto.wordpress.com  mencoba menjabarkan penilaian Kurikulum 2013 itu ke dalam software yang dapat didownload melalui link berikut ini:




    Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada Kurikulum 2013 mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.


     Semoga dengan aplikasi ini guru mampu memberikan penilaian siswa tanpa ada masalah dan mengurangi pekerjaan . Tetapi jujur saja kurikulum 2013 ini sangat berat khususnya bagi madrasah kami yang belum mempunyai alat yang mendukung serta guru yang ber SDM berbasis IT sangat minim.

Sumber inspire : http://www.sekolahdasar.net

Berita Lainnya

SKTP GURU 2014 DI P2TK DIKDAS AKAN DITERBITKAN

DOWNLOD SOAL MAPEL UN SD/MI

NRG BAGI GURU YANG TELAH SERTIFIKASI AKAN TERBIT

TEMPAT–TEMPAT  WISATA JEPARA

0 komentar :

Post a Comment