BUKU KERJA KEPALA
MADRASAH IBTIDAIYAH ( MI )
MIFTAHUL HUDA TEGALSAMBI TAHUNAN JEPARA
Tahun Pelajaran 2012/2013
MI.
MIFTAHUL HUDA TEGALSAMBI
TAHUNAN
– JEPARA
YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH MIFTAHUL
HUDA
MI.
MIFTAHUL HUDA
Jln.
Makam Sunan Mantingan Tegalsambi Tahunan Jepara 59422
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (UU No. 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
Dalam rangka mempersiapkan otonomi daerah yang
diikuti dengan otonomi pendidikan maka perlu adanya perencanaan yang baik dan
terarah yang dijadikan acuan dalam melaksanakan proses kegiatan belajar
mengajar.
Sesuai dengan PERMEN nomor 24 tahun 2006 yang
menerapkan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang dituntut
semua lulus kemampuan dasar, maka menuntut madrasah untuk membuat Program Kerja
yang jelas dan terarah sesuai dengan tuntutan lingkungan Madrasah.
Kemampuan dasar adalah bagian dari standart
kopetensi yang menuntut siswa untuk dapat mencapai kemampuan minimum dalam mata
pelajaran/bidang studi yang harus dikuasai siswa.
Untuk melaksanakan UU Pendidikan serta
ketercapaian Kemampuan Dasar minimum menuntut kepada semua lembaga membuat
program kerja yang jelas dan terarah.
Selanjutnya dengan adanya program yang
terencana diharapkan terjadi peningkatan kerja seluruh warga Madrasah yang
akhirnya terjadi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Huda Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara
B. Tujuan
Dengan adanya program kerja madrasah tahun
pelajaran 2011/2012 ini dengan tujuan :
1. Mampu memberikan petunjuk
didalam menyusun adminitrasi kegiatan belajar mengajar.
2. Sebagai acuan keberhasilan
kegiatan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tegalsambi Tahun
Pelajaran 2013/2014
3. Memperjelas pembagian
tugas, waktu pelaksanaan serta rencana yang akan dituntaskan.
4. Terjadinya kreatifitas dan
inisiatif dalam melaksanakan tugas bagi seluruh warga madrasah.
5. diharapkan lulusan MI Miftahul
Huda Tegalsambi Tahun Pelajaran 2013/2014 memiliki kemampuan dasar sesuai
dengan kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh setiap siswa serta
berakhlakul karimah.
BAB II
VISI, MISI, TUJUAN, ANALISA KONDISI
LINGKUNGAN
DAN KONDISI OBYEKTIF
A. VISI, MISI, DAN TUJUAN
1. Visi Madrasah
Generasi
Islam Yang Berakhlaqul Karimah Unggul Dalam Prestasi, Menguasai Ilmu
Pengetahuan Teknologi dan Seni Berdasarkan Pada Keimanan dan Ketaqwaan Kepada
Allah Swt.
2. Misi Madrasah
1. Menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
2. Mewujudkan pembentukan karakter Islam yang
mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat.
3. Meningkatkan
pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan
dunia pendidikan.
4. Menyelenggarakan
tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan
melibatkan dan memberdayakan seluruh warga madrasah.
3. Tujuan Madrasah
Tujuan pendidikan dasar secara
umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut.
Secara khusus tujuan
pendidikan di MI Miftahul Huda Tegalsambi adalah:
a. Dapat
mengamalkan ajaran agama hasil proses
pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
b. Meraih
prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kec. Tahunan
c. Menguasai
dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke
sekolah yang lebih tinggi;
d. Menjadi
sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
e. Menjadi
sekolah yang diminati di masyarakat.
B. ANALISA KONDISI LINGKUNGAN
1. Kekuatan
a.
Kelayakan tenaga Guru Cukup memadai
b.
Loyalitas Guru dan karyawan yang tinggi
c. Sarana
pembelajaran cukup memadai
d.
Program madrasah yang dilaksanakan oleh semua guru dan karyawan dengan baik.
e.
Dukungan dari pengurus lembaga yang sangat besar.
2.
Kelemahan
a. Kinerja staf, karyawan (Karyawan Baru) kurang optimal.
b. Terbatasnya dana yang tersedia
c. Sarana dan prasarana kurang sempurna.
d. Kwalitas kedisiplinan guru masih belum sesuai dengan
standart yang ditentukan.
3.
Peluang
a. Adanya dukungan dari pemerintah.
b. Diterapkan aturan pendidikan memberi peluang Madrasah untuk
berkembang.
c. Adanya dukungan dari masyarakat yang cukup besar.
d. Minat siswa dan wali murid pada pendidikan yang
berkualitas cukup tinggi
e. Minat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cukup
besar.
f. Adanya sertifikasi bagi guru.
4.
Ancaman
a. Masyarakat semakin kritis dalam menilai lembaga pendidikan
b. Kompetisi prestasi lulusan sangat ketat antar lembaga
pendidikan
c. Ketatnya persyaratan untuk melanjutkan kelembaga pendidikan
yang lebih tinggi.
d. Persaingan untuk menjadi juara dalam setiap perlombaan
antar madrasah sangat tinggi.
5.
Identifikasi Madrasah
a. Hasil ujian yang kurang
maksimal baik klasikal maupun individual
b. Kemampuan siswa yang
hiterogen dan kesenjangan yang sangat tinggi.
c. Setelah lulus
penghormatan kepada guru berkurang.
d. Kemampuan ubudiah siswa
terus ditingkatkan
e. Motivasi dan kemampuan
bahasa asing yang masih rendah
f. Kinerja staf dan karyawan kurang maksimal.
g. Masih ada Guru yang datang
terlambat anak sudah baris dan berdo’a.
h. Masih ada Guru putri yang
tidak mendampingi siswa saat sholat Dluhur berjama’ah.
i. Pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran masih kurang.
j. EDS (Evaluasi Diri Madrasah) dan SPM (Standar Pelayanan Minimal)
6.
Alternatif Langkah Pemecahan Masalah
a. Mengadakan les khusus
siswa kelas terakhir secara rutin
b. Berkerjasama dengan
lembaga terkait ditingkatkan, dalam menunjang keterampilan siswa
c. Pembiasaan siswa berakhlakul
karimah.
d. Mewujutkan rencana
kegiatan dan pembinaan ekstrakurikuler dengan baik dan berkesinambungan.
e. Penambahan sarana
prasarana khususnya bidang ekstrakurikuler
f. Meningkatkan pengalaman
dan pendidikan staf pengajar secara berkala.
g. Memberikan motifasi pada
guru dan staf untuk datang lebih awal.
h. Selalu mengingatkan
pentingnya sholat berjama’ah.
i. Mengikutsertakan guru
dalam pembinaan membuat perangkat pembelajaran.
j. Selalu mengingatkan Guru
dan staf untuk tertib adminitrasi baik pribadi maupun kelembagaan dan berupaya
untuk pemenuhan SPM.
C. SASARAN
1. Adanya peningkatan hasil ujian akhir secara klasikal minimal 7,50
2. Siswa berakhlakul karimah baik di madrasah, di rumah, maupun di
masyarakat.
3. Siswa dapat berbicara “Basa Krama” dengan orang yang lebih tua.
4. Siswa yang lulus mampu menguasai syarat, rukun serta dasarnya dalam
sholat fardhu.
5. Siswa mempunyai ketrampilan berbahasa yang baik
6. Adanya peningkatan kinerja staf dan karyawan secara terus-menerus.
7. Pembuatan/pembagian kerja dan piket staf TU yang jelas
8. Mengoptimalkan kinerja wali kelas.
9. Setiap awal tahun pelajaran guru sudah siap dengan perangkat pembelajaran
dan dapat merealisasikan dengan baik.
D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN
1. Peran serta guru mata
pelajaran dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan optimal.
2. Penyusunan buku panduan
praktek ubudiyah.
3. Ekstra bahasa Jawa (Kromo)
dimaksimalkan (diadakan hari-hari khusus untuk berbahasa kromo)
4. Perbaikan dan pengadaan
sarana dan prasarana penunjang berbahasa
5. Merencanakan dan
menoktimalkan lembaga dengan baik
6. Secara rutin mengadakan
pembinaan terhadap staf dan karyawan
7. Bekerja sama dengan
lembaga terkait.
8. Penambahan peralatan
praktik (Olah raga, Kesenian, Komputer, IPA, Bahasa, dan Matematika)
9. Pengadaan penunjang KBM
(ruang untuk pembelajaran dengan proyektor).
10. Menjalin rasa persaudaraan yang tinggi antar Guru
dan Karyawan.
11. Pengadaan kipas angin untuk setiap kelas dan
perbaikan penerangan ruang.
BAB
III
PROGRAM
KERJA MI MIFTAHUL HUDA TEGALSAMBI
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
I.
BIDANG KURIKULUM
Untuk memenuhi target kurikulum yang maksimal,
Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk semua kelas dari kelas I s/d VI. Kelas I, II dan II jumlah
jam per minggu 95. kelas IV – VI 138 jam.
Untuk kelas VI setelah
mid semester ganjil ada penambahan jam yang dikemas dalam les di madrasah yang
dilaksanakan pada sore hari untuk bidang studi umum yang di UN kan sedangkan
untuk bidang studi yang lain terutama bidang studi Agama dilaksanakan setelah
Ujian semester Ganjil, dan pembinaan khusus keagamaan yaitu istighotsah yang
dilaksanakan pada pra Ulangan akhir Madrasah , yang harapannya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa dan memberikan kemantapan lahir maupun
bathin dalam menghadapi UAMBN-UN sehingga nilai UAMBN-UN semakin meningkat.
II.
BIDANG EKSTRAKURIKULER
a. Sholat Dhuhur Berjama’ah
Usia siswa yang masih labil dalam menerima
ajakan dan saran terlebih dalam melaksanakan sholat berjama’ah perlu dipupuk sejak dini sehingga anak
terbiasa dalam melaksanakan sholat berjama’ah. Adapun ekstra sholat berjama’ah
ini dilaksanakan untuk kelas III s/d VI. Untuk kelas I dan II karena pulangnya
pukul 11.00 WIB maka, tidak diikutkan.
Mulai tahun 2011/2012 pelaksanaan sholat dhuhur tepat waktu
sudah dilaksanakan, yaitu pada saat adzan Dluhur pelaksanaan KBM dihentikan
untuk melaksanakan sholat Dluhur, selanjutnya kekurangan waktu akan dilanjutkan
setelah pelaksanaan sholat Dluhur yang tujuannya untuk menanamkan pada diri
anak sejak dini betapa pentingnya sholat bagi seorang muslim, sehingga apapun
yang mereka kerjakan ditinggalkan untuk melaksanakan sholat berjama’ah.
b. Kepramukaan
Pembinaan kepramukaan ini dilaksanakan secara
rutin dengan harapan dapat mencetak anak yang disiplin, tegas, mandiri,
tanggung jawab, dan berakhlakul karimah. pelaksanaannya setiap Jum’at sore.
Dibina oleh 1 pembina satuan dan 2 pembina Bantu dan pada saat liburan diadakan
kegiatan perkemahan/jelajah alam harapannya anak lebih mengenal dan mencintai
lingkungannya.
c. Pembiasaan membaca Surat Yasin/Waqia dan
Surat-surat Pendek
Kegiatan ini bertujuan
untuk menunjang praktek keagamaan dan memanfaatkan usia anak dimana ada
pepatah. “Belajar diwaktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah
dewasa laksana mengukir di atas air” pepatah itulah yang mendorong kegiatan
ini untuk menanamkan hafalan-hafalan yang akan melekat pada diri anak sampai
mati.
d. Drum Band
Dengan semakin besarnya dukungan dari masyarakat
dan pengelolah Yayasan tarbiyatul islamiyah sehingga mampu mewujudkan kegiatan
ekstra Drum Band yang bertujuan untuk menjaring potensi-potensi pada siswa yang
nantinya dapat dilanjutkan pada jenjang selanjutnya, dan merupakan ladang
promosi untuk menunjukkan pada masyarakat sekitar keberadaan MI. Miftahul Huda
Tegalsambi, dan harapannya di tahun pelajaran 2013/2014 dengan adanya
penambahan peralatan kegiatan Drum Band MI Miftahul Huda Tegalsambi lebih baik.
e. Istighosah
Dilaksanakan
secara rutin tiap menyambut peneimaan murid baru dan khusus kelas VI dalam rangka pembinaan
mental untuk menghadapi Ulangan Akhir Madrasah (UAS) dilaksanakan sebelum
Ulangan Akhir dan diikuti oleh seluruh
dewan guru, dan menjelang ujian akan dilaksanakan bersama-sama dengan wali
murid.
f.
Pembinaan Olah Raga
Prestasi
Dilaksanakan secara
rutin khusus untuk tahun ini dalam
rangka mempersiapkan kontingen PORSENI pembinaan lebih diintensifkan sehingga diharapkan siswa akan dapat
berprestasi, ada pun teknik pembinaan dan penjaringan siswa akan diatur sesuai dengan
kebutuhan dan untuk setiap bidang olah raga akan dibina oleh satu guru.
g.
Pembinaan KIR/Bidang
studi yang dilombakan
Dilaksanakan secara rutin dalam rangka untuk menyiapkan siswa-siswi
yang mampu bersaing dalam setiap perlombaan, (lomba mata pelajaran, pelajar
teladan, olimpiade) sehingga diharapkan setiap ada kompetisi siswa-siswi
membawa tropi juara.
h.
Seni Islami
Seni Islami ini meliputi
Seni Kaligrafi dan Qiro’ah yang Dilaksanakan secara rutin pada hari ahad untuk
menjaring minat bakat siswa dan dalam
rangka untuk menyiapkan perlombaan PORSENI DEPAG serta menjaga kelestarian
budaya islam pada umumnya.
III. TENAGA
PENGAJAR
Pembinaan rutin melalui rapat Awal tahun Ajaran, Persiapan Mid Semester, Semester dan Rapat Akhir Tahun
serta melibatkan tenaga pendidik dalam rapat KKMI bulanan oleh kepala madrasah
Ibtidaiyah, supervisi terpadu PPAI, supervisi dari Kementrian Agama Kab. Jepara
atau Kanwil sewaktu-waktu didatangi.
Mengikutsertakan/mengirim tenaga pendidik setiap ada
penataran/pelatihan yang diadakan oleh Kemenag, Dinas Pendidikan maupun oleh
LSM. Yang harapannya guru akan semakin trampil dalam membuat perangkat
pembelajaran dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
IV. BIDANG
KARYAWAN
Mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap
kerja staf Tata Usaha setiap saat dan pembagian tugas yang merata dan sesuai
dengan jobnya masing-masing.
Mengikut sertakan kursus maupun workshop
administrasi untuk peningkatan mutu
Pengadaan computer khusus untuk TU sehingga
surat-menyurat dan adminitrasi keuangan dapat tertata rapi.
Mengusulkan peningkatan honor yang disesuaikan dengan prestasi
kinerja mereka.
BAB IV
GARIS-GARIS PEMBAGIAN TUGAS
I. TUGAS GURU
Bertanggung
jawab kepada Kepala Madrasah dalam melaksanakan KBM meliputi :
1). Melaksanakan proses belajar mengajar (PBM)
sesuai dengan mata pelajaran yang dipercayakan.
2). Membuat perangkat pembelajaran (RPE, program
tahunan, program semester, satuan pelajaran, kisi-kisi soal, analisis soal sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
kemudian diserahkan kepada kepala madrasah atau waka kurikulum.
3). Melaksanakan evaluasi
terhadap anak didik.
4). Mengisi daftar nilai anak didik
5). Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
6). Menyusun dan melaksanakan program perbaikan
dan pengayaan
7). Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan
pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
8). Membuat alat pelajaran/alat peraga
9). Mengadakan pengembangan program pembelajaran
10). Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar
anak didik
11). Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum
memulai pelajaran
12). Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
13). Menjadikan kelas yang kondusif sewaktu
melaksanakan proses belajar mengajar.
14). Membimbing dan membina agar siswa giat belajar.
15). Membuat laporan tentang pelaksanaan tugas yang
telah dipercayakan, kepada kepala madrasah secara berkala.
II. TUGAS WALI KELAS
1). Pengelolaan kelas
2). Aktif memonitor
dan penyelenggaraan adminitrasi kelas yang meliputi :
ü Tempat duduk
ü Papan tulis
ü Absensi siswa
ü Jurnal mengajar
ü Tata tertib kelas
ü Organisasi kelas
3). Menyusun / membuat
statistik kelas siswa
4). Pengisian daftar
nilai siswa
5). Pembuatan catatan
khusus tentang siswa
6). Catatan mutasi
siswa
7). Pengisian buku
laporan pendidikan ( raport )
8). Pembagian buku
raport
9). Menanamkan
kebersamaan, kegotong-royongan dan ukhuwah islamiah sehingga mencerminkan kelas
yang menyenangkan bagi semua anggota kelas
10). Aktif memotifasi siswa
sehingga timbul kreatifitas guna menunjang karier dan studynya
11). Bertindak sebagai penengah,
baik antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru
12). Menjaga kelestarian
kelengkapan kelas dengan melibatkan para siswa
III. TUGAS PKM BIDANG KURIKULUM
1). Menyusun
jadwal pelajaran
2). Mengatur penataan dan pemanfaatan ruang kelas
sesuai kebutuhan
3). Berkordinasi dengan waka bidang yang lain
untuk penyesuaian jadwal masing-masing guru yang bersangkutan
4). Merencanakan dan menyusun serta mempersiapkan
perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan
5). Membantu tugas kepala madrasah sesuai dengan
pendelegasian tugas yang diserahkan kepadanya.
6). Turut memfasilitasi peningkatan prestasi siswa
berdasarkan pembinaan yang diperlukan.
7). Menjadi antar muka (interface) antara guru dan
kepala madrasah.
8). Mengkoordinir pelaksanaan UUB, UAS, dan
UAS-BN.
9). Melakukan pengarsipan program kurikulum
10). Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan
kepada kepala madrasah.
IV. TUGAS PKM BIDANG KESISWAAN
1).
Mengelola seluruh kegiatan siswa dengan baik.
2).
Membuat program/agenda kegiatan kesiswaan.
3).
Memberikan pembinaan kesiswaan melalui
kegiatan siswa secara terprogram.
4).
Mengadakan dan mendorong siswa untuk mengikuti
kegiatan yang diadakan di madrasah.
5).
Memfasilitasi siswa dalam kegiatan lomba baik
di dalam maupun di luar madrasah.
6).
Bekerja sama dengan waka dan atau guru lain
untuk membantu dalam kegiatan kesiswaan.
7).
Mengkoordinir pelaksanaan ziarah dan wisata
siswa.
8).
Melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan
oleh madrasah.
9). Membuat laporan dan mempertanggungjawabkan
kepada kepala madrasah.
V. TUGAS KOORDINATOR
PERPUSTAKAAN
1). Membuat program pengelolaan ruang dan
pemanfaatan buku perpustakaan.
2). Mengajukan anggaran pengelolaan perpustakaan madrasah.
3).
Mengatur jadwal pelayanan ruang perpustakaan.
4).
Merencanaakan dan mengadakan buku pustaka (baru) yang bermutu sesuai kebutuhan
dan kemampuan madrasah.
5).
Inventarisasi dan pengadministrasian
6).
Membuat tata tertib ruang perpustakaan.
7).
Membuat laporan pelakasanaan tugas, baik dalam hal administrasi umum maupun
keuangan perpustakaan.
VI. TUGAS KOORDINATOR LABORATORIUM
1). Membuat jadwal praktek dan tata tertib pengunaan ruang dan
alat-alat laboratorium.
2).
Mendata dan menginventarisir alat-alat laboratorium.
3).
Merencanakan dan membuat admistrasi kegiatan praktek laboratorium.
4).
Memelihara dan melakukan perbaikan alat-alat yang diperlukan.
5).
Mengusulkan kebutuhan alat-alat laboratorium yang diperlukan dalam kegiatan
praktek.
6).
Turut menjaga kebersihan ruang laobratorium.
VII. TUGAS
KOORDINATOR UKS
1). Membuat program pengelolaan UKS.
2).
Mengadakan kebutuhan sarana pengobatan dan obat – obat yang dibutuhkan.
3).
Mendesain ruang UKS yang nyaman dan aman untuk kebutuhan siswa.
4).
Bekerja sama dengan guru dan atau karyawan dalam pelaksanaan tugasnya sesuai
situasi dan kondisi.
5).
Menyusun prosedur penanganan masalah yang yang terjadi berkaitan dengan
kesehatan siswa
VIII. TUGAS KEPALA
SEKRETARIAT
1). Membuat program tata usaha madrasah.
2).
Menyusun administrasi perlengkapan madrasah.
3).
Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
4).
Mengelola administrasi ketenagaan dan kesiswaan.
5).
Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
6).
Membuat laporan pelaksanaan tugas secara berkala.
7).
Bertanggung jawab kepada Kepala madrasah dan dapat mengajukan usulan dalam
pengelolaan kebutuhan administrasi madrasah.
IX. TUGAS KEPALA MADRASAH
1).
Bertanggung jawab
keseluruhan pengelolaan Madrasah.
2).
Bersama wakilnya beserta staf menyusun program kerja
3).
Mengadakan kunjungan kelas.
4).
Mengadakan penilaian (supervise) terhadap kinerja guru.
5).
Menyampaikan segala instruksi/informasi kepada guru dan karyawan.
6).
Mengadakan hubungan dan kerjasama yang baik dengan Pengurus, Komite madrasah
dan kepada instansi terkait.
X. PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR
MURID
1). Menekankan terhadap murid agar memiliki buku
pelajaran/semua mata pelajaran yang
diajarkan dengan cara membeli di koperasi madrasah baik secara kontan maupum
mengangsur.
2).
Khusus kelas VI diadakan penambahan jam pelajaran diluar jam efektif yang
dimulai setelah pelaksanaan tengah semester ganjil sampai menjelang pelaksanaan
ujian dengan dikenakan sumbangan yang ditentukan oleh madrasah dan wali murid.
XI. SARANA DAN PRASARANA
Pemanfaatan dana bantuan
baik dari Pemerintah Pusat, daerah maupun dari
Instansi lain bila sewaktu-waktu mendapat bantuan dengan prioritas :
1).
Perbaikan bangku, kursi murid.
2). Perlengkapan/perbaikan
sarana dalam kelas (kipas angin, listrik/penerangan dan pengeras suara di
kelas)
3).
Rak/almari arsip kantor
4).
Penataan halaman dan taman madrasah serta tandon air untuk menyiram bunga.
5).
Pengecatan dinding madrasah.
6).
Penambahan WC siswa dan pembuatan tempat cuci tangan.
XII. HUBUNGAN
DENGAN KOMITE MADRASAH
1). Mengadakan kerjasama Komite madrasah dengan
madrasah, dengan jalan saling memberi informasi.
2).
Mengadakan pertemuan rapim antara madrasah dengan komite madrasah setiap
perencanaan.
3).
Melaporkan setiap kegiatan madrasah setiap akhir bulan.
XIII. HUBUNGAN WALI MURID
DAN MASYARAKAT SEKITAR
1).
Mengadakan pertemuan awal
tahun khusuas kelas I dan VI
2).
Mendatangi wali murid dan membantunya setiap keluarga murid yang terkena
musibah
3).
Membantu wali murid dalam peningkatan hasil prestasi belajar murid dengan jalan
memberi nasehat-nasehat
4).
Pengelolaan zakat fitra dan zakat mal oleh madrasah
5).
Mengadakan pertemuan dengan wali murid kelas I setiap awal tahun pelajaran
serta pertemuan seluruh wali murid setiap akhir semester ( Muwadda’ah )
HAL-HAL LAIN
Program kerja yang belum tertulis pada program
kerja ini, jika menurut pertimbangan sangat diperlukan atau dibutuhkan akan
dilaksanakan dengan jalan memberi nasehat-nasehat.
Jepara, Juli 2013
Kepala Madrasah,
Drs. Yusro, S.Pd.
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT. Atas Rahmad dan Hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan penyusunan
program kerja MI Miftahul Huda
Tegalsambi tahun pelajaran 2013/2014 ini
dengan baik semoga langkah kita selalu dalam ridhonya amiin. Sholawat
serta salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, yang telah
memberikan tuntunan dan tatanan kepada kita.
Harapan kami dengan adanya Program Kerja ini dapat
menjadi pedoman dalam menjalankan madrasah tahun pelajaran 2013/2014 serta
untuk lebih meningkatkan kinerja madrasah, dan meningkatkan mutu madrasah
sehingga madrasah mampu menciptakan keunggulan-keunggulan di semua bidang.
Kami menyadari bahwa Program
Kerja yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kelemahan dan jauh
dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang
konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan
Jepara menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang
telah mendukung dan membantu penyelesaian Program Kerja ini.
Jepara, Juli
2013
Kepala Madrasah.
Drs.
Yusro, S.Pd.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1). Tata tertib madrasah
2). Kalender pendidikan
3). Daftar guru dan karyawan
4). Daftar Pembagian tugas mengajar
5). Daftar murid
6). Daftar pelajaran.
Terima kasih banyak dan sangat terbantu dgn contoh-contoh buku kerja kepala sekolah.
ReplyDelete