Monday 15 September 2014


Dalam kurikulum 2013 tenrunya tidak dapat menjumpai buku BSE Bahasa Jawa karena Bahasa Jawa bukan termasuk Mata pelajaran Nasional. Pelajaran Bahasa Jawa pada Kurikulum 2013 termasuk Pelajaran MULOK alias Muatan Lokal. Kenapa Mulok?

Karena Mulok adalah pelajaran daerah masing-masing. Seperti Saya di Jepara tentunya muloknya menggunakan Bahasa Jawa Bukan Bahasa Palembang.
Nah untuk postingan ini kami berikan SKL Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 9/12/2014 Siapa tahu ini bermanfaat untuk Guru Maupun Siswa siswi yang menempuh sekolah Dasar maupun Menengah.

Inilah SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 9/12/2014 Kurikulum Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Pengimplementasian Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Menjaga dan memelihara kelestarian bahasa, sastra, dan aksara Jawa sehingga menjadi faktor penting untuk peneguhan jati diri daerah; 
  2. Menyelaraskan fungsi bahasa, sastra, dan aksara Jawa dalam kehidupan masyarakat sejalan dengan arah pembinaan bahasa Indonesia
  3. Mengenali nilai-nilai estetika, etika, moral dan spiritual yang terkandung dalam budaya Jawa untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
  4. Pengembangan kebudayaan nasional; danMendayagunakan bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai wahana untuk pembangunan karakter dan budi pekerti. 
Adapun Arah pembelajaran bahasa Jawa, adalah untuk : 

Menyelaraskan keberadaan bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai unsur kebudayaan Jawa untuk mewujudkan keadaan masyarakat yang lebih berbudaya dan Menggali nilai-nilai yang terkandung dalam bahasa, sastra, dan aksara Jawa, sebagai bahan masukan untuk pembangunan karakter dan ketahanan budaya.

Sedikit uraian diatas merupakan bagian daripada karakteristik muatan lokal Bahasa Jawa di Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya silahkan unduh SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 pada tautan dibawah ini : 

mengenai SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Kurikulum 2013, semoga ada manfaatnya dan membawa berkah untuk kita semua. amin. ( SEDAMI NASIONAL)   kalau mau ngasih pulsa saya tidak keberatan kok. Silahkan transfer ke no Hp.08995915007. suwun

0 komentar :

Post a Comment