Saturday 20 August 2022

 Assalamualaikum sahabat SEDAMI, kali ini kita belajar Cara Login, Pengaturan Server, Pengaturan Sesi, Cara Cetak Kartu dan Cetak Daftar Hadir  pada Aplikasi PD AKMI. Yuk okuti langkah -langkah berikut ini.

1.      Cara Login, silakan masuk ke web : https://pdakmi.kemenag.go.id/



    Cara Login ada 2 cara yaitu : 

        1. Menggunakan Username dan Pasword Emis

        2. Menggunakan keterangan dibawah ini

            1)   Masuk username - NSM

            2)   Masukan password - 5 digit awal NSM + 1 digit akhir NSM

            3)   Centang saya bukan robot

            4)   Klik login


2.      Tampilan PD-AKMI ada 2 bagian yaitu : 



        1)     Bagian Dashboar, > Data Tim Madrasah, Data Lembaga, Data Siswa dan Cek Kelengkapan

        2)     Bagian menu AKMI > Server, pengaturan sesi peserta, pengawas, cetak kartu dan cetak absen


3.      Menu Tim Madrasah > memasukan TIM madrasah yang terlibat dalam kegiatan AKMI



        1)     Klik menu tim madrasah

        2)     Klik Tambah

        3)     Tambah TIM > NIP (jika punya) > Nama > email aktif  > Pilih jenis kelamin > Tempat Lahir         > Tanggal  Lahir > Jabatan > Save Changes


4.      Menu Data Lembaga


        1)     Klik menu Data lembaga

        2)     Pilih moda pelaksanaan > Moda Online atau Semi Online

        3)     Pilih Status Pelaksanaan > Mandiri, Mandiri dan ditumpangi atau menumpang

        4)     Isi jumlah server

        5)     Isi jumlah PC atau Laptop yang di miliki madrasah

        6)     Isi jumlah PC atau Laptop yang bukan miliki madrasah

        7)     Klik simpan


5.      Menu Data Siswa

        1)     Klik Data Siswa

        2)     Klik menu syns Emis


6.      Menu Cek Kelengkapan


            Pada menu ini akan tampil x jika data pada menu sesi belum di isi, tahap ini mengisi di bagian pengaturan sesi terlebih dahulu

 

7.      Menu AKMI Server


    1)     Klik menu server

    2)     Klik tambah server

    3)     Klik tanda plus (+) utk menambah ruang


8.      Menu Sesi Peserta



    Klik menu sesi peserta

         1)     Centang siswa yang akan diatur periode > ruang > sesi

        2)     Klik menu edit

        3)     Pilih periode (jangan sampai bersamaan dengan kegiatan ANBK)

        4)     Pilih server ruangan

        5)     Pilih sesi

        6)     Klik simpan


9. Menu pengawas, untuk menu ini terseting otomatis bersama dengan jumlah jumlah pada pengaturan  di menu server



10.  Cara Cetak Kartu AKMI


        1)      Klik menu cetak kartu

        2)      Pilih periode

        3)      Pilih server ruang

        4)      Pilih sesi

        5)      Klik menu cetak


11.  Menu Cetak Daftar Hadir


        1)      Klik menu cetak kartu

        2)      Pilih periode

        3)      Pilih server ruang

        4)      Pilih sesi

        5)      Klik menu cetak


12.  Menu Log out > menu yang digunakan untuk keluar dari masalah eh dari aplikasi


        Keterangan :

        1 server bisa menangani 2 ruang dalam 1 sesi

        Misal server 1 sesi 1 utk ruang 1 dan 2, masing masing 25, berarti dlm 1 sesi ada 50 peserta



        Catatan :

        Yang dapat mengakses aplikasi ini hanya madrasah sasaran saja

        Berikut adalah Surat edaran tentang AKMI dan Daftar Madrasah sasaran


  • SE & POS AKMI 2022          ( KLIK )
  • Pendataan AKMI                  ( KLIK )
  • Daftar Piloting MTs MA      ( KLIK )


Demikian, CARA Login, Pengaturan Server, Pengaturan Sesi, Cara Cetak Kartu dan Cetak DaftarHadir pada Aplikasi PD AKMI yang kami berikan semoga dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.amiin

 

Klik Cara CBT AKMI menggunakan HP

0 komentar :

Post a Comment